Home / Berita Satuan / Tegakan Disiplin dan Ketertiban, Provost Kodam Jaya Gelar Razia Kendaraan

Tegakan Disiplin dan Ketertiban, Provost Kodam Jaya Gelar Razia Kendaraan

Kodam Jaya – Jakarta Timur. Satuan Provost Denma Kodam Jaya/Jayakarta melakukan pemeriksaan kelengkapan dokumen resmi kendaraan dinas TNI dan sipil, di depan pintu masuk Kodam Jaya, Jakarta Timur, Kamis (18/7).

Pemeriksaan ini menyasar anggota militer maupun PNS yang tidak membekali diri dengan surat-surat ijin dan kelengkapan surat kendaraan. Setiap anggota TNI dan PNS harus menghentikan laju kendaraan dan rela diperiksa dalam razia Penegakan Ketertiban dan Disiplin (Gaktiblin) itu.

Pemeriksaan dipimpin Perwira Seksi Pengamanan dan Operasi (Pasipamops) Denmadam Jaya/Jayakarta, Kapten Arh Jhon Apolani. Jhon mengatakan, pemeriksaan ini merupakan tugas dan tanggung jawab Provost sebagai pelaksana fungsi-fungsi Polisi Militer yakni fungsi pemeliharaan ketertiban dan penyidikan terbatas dalam rangka membantu pimpinan dalam memelihara tegaknya hukum, disiplin dan tata tertib Prajurit TNI dan PNS di dalam markas. “Razia ini demi terciptanya kepatuhan hukum, disiplin dan tata tertib berkendara di lingkungan TNI,” tegasnya.

Lebih jauh, Jhon mengatakan bahwa razia ini bertujuan untuk menekan dan mencegah terjadinya pelanggaran oleh TNI dan PNS yang bertugas di lingkungan Makodam Jaya.

Dijelaskannya, razia ini tidak hanya memeriksa anggota TNI dan PNS Makodam saja. “Petugas juga merazia kendaraan roda dua maupun roda empat milik tamu maupun warga sipil yang memasuki lingkungan Makodam,” imbuhnya.

Pemeriksaan kendaraan, menurut Jhon, meliputi surat dan administrasi lainnya seperti SIM dan STNK, beserta kelengkapan kendaraan seperti kaca spion, lampu sen, lampu stop, ban dan kelayakannya. “Apabila ada yang tidak lengkap, maka akan didata dan diwajibkan untuk melengkapi kekurangannya,” tutupnya.

About redaksi