Home / Berita Satuan / Tekan Angka Penyakit Dengue, Anggota TNI Bersama Jumantik Berantas Sarang Nyamuk

Tekan Angka Penyakit Dengue, Anggota TNI Bersama Jumantik Berantas Sarang Nyamuk

Kodam Jaya – Jakarta. Guna menekan tingginya angka penyakit Dengue (Demam Berdarah) yang disebabkan nyamuk saat musim pancaroba, Babinsa dan Tugas Juru Pemantau Jentik (Jumantik) lakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di RT.11/01 Kel. Rambutan Kec. Ciracas, Jakarta Timur, Sabtu (3/2/18).

Selain Babinsa Koramil 03/Pasar Rebo Kodim 0505/JT Serda Darmanto dan kader Jumantik, tampak juga Sekertaris Kel. Rambutan Avrilia Widiastuti, Kasikesmas H.Sarino, Binmaspol Aipda Rohyadi, Kasatgas Satpol PP Bronson, Ketua RW.01 Juli Karyadi, Ketua RT.11/01 serta Kader PKK yang melakukan PSN.

Menurut Darmanto, kegiatan PSN dilakukan karena penyebaran wabah dengue yang disebabkan oleh nyamuk aedes aegipty terutama nyamuk betina sudah meresahkan. “Nyamuk ini sangat pintar menyembunyikan suaranya dengan membuat gerakan sayap yang halus sehingga nyaris tak terdengar. Nyamuk betina ini menghisap darah menusia sebagai bahan untuk mematangkan telurnya dan menetaskannya di atas permukaan air, sehingga menjadi larva yang kemudian mencari makan dengan memangsa bakteri yang ada di air tersebut, nyamuk penyebab demam berdarah ini berkembang biak pada genangan air terutama yang kotor. Oleh karena itu pengontrolan dengue bisa dilakukan dengan PSN,” jelas Darmanto.

Seperti diketahui, PSN yang efektif dan efisien melalui kegiatan 3M yaitu dengan menguras tempat penyimpanan air, menutup tempat penampungan air, mengubur barang-barang bekas yang memungkinkan dijadikan tempat perindukan dan perkembangbiakan jentik nyamuk aedes aegipty, menutup lubang-lubang pada bambu dengan tanah atau adukan semen, melipat pakain/kain yang bergantungan agar nyamuk tidak hinggap, untuk tempat-tempat air yang tidak memungkinkan atau sulit dikuras taburkan bubuk abate ke dalam genangan air tersebut untuk membunuh jentik-jentik nyamuk, ulangi hal ini setiap 2-3 bulan sekali.

“Dengan kegiatan PSN ini, diharapkan lingkungan warga bebas dari genangan air, bebas dari jentik nyamuk aedes aegipty, sehingga angka penyakit deman berdarah bisa ditekan,” harap Darmanto.

 

Check Also

Kolaborasi Dengan Satpol PP Kodim 0502/JU Gelar Woro-woro Dan Bagikan Masker Kepada Warga

Kodam Jaya – Jakarta utara. PSBB ketat yang diberlakukan Pemprov DKI Jakarta sudah memasuki hari …