Home / Berita Utama / Terjadinya Insiden Di Mapolsek Ciracas Tidak Akan Membuat Sinergitas TNI-Polri Menjadi Kendor

Terjadinya Insiden Di Mapolsek Ciracas Tidak Akan Membuat Sinergitas TNI-Polri Menjadi Kendor

Kodam Jaya – Cilitan Jakarta Timur. Insiden penyerangan ke Mapolsek Ciracas oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, tidak menimbulkan sinegritas TNI-Polri menjadi kendur, hal ini dibuktikan dalam pengarahan Pangdam Jaya dan Kapolda Metro Jaya kepada Komandan Satuan (Dansat) jajaran Kodam Jaya/Jayakarta, bertempat di Aula Sudirman Makodam Jaya Jl. Mayjen Sutoyo No 5 Cililitan Jakarta Timur, Senin (31/08/2020).

Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Dudung Abdurachman S.E., M.M dan Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana memberi pengarahan kepada kepada para Komandan Satuan Jajaran Kodam Jaya/Jayakarta. Pengarahan Pangdam Jaya dan Kapolda Metro Jaya ini dimaksudkan untuk meningkatkan arahan sebagai dampak dari terjadinya kerusakkan yang dilakukan oleh oknum – oknum TNI yang berada di wilayah Jakarta.

Sementara itu organik jajaran Kodam Jaya/Jayakarta tidak ada yang terlibat dalam kerusuhan tersebut, karena Pangdam Jaya menyampaikan kepada Komandan Satuan, bahwa Kodam Jaya dengan Polda Metro Jaya sudah bersinergi setiap hari dalam percepatan penanganan Covid-19 dimasa Pandemi ini, dalam menegakan disiplin protokol kesehatan, seperti halnya penegakan disiplin menggunakan masker dan lain sebagainya.

Di wilayah Kodam Jaya ini tidak semua satuan berada di bawah Kodam Jaya, tidak sedikit satuan TNI lainnya Markasnya terletak di wilayah Kodam Jaya, ada juga satuan di bawah Mabes TNI.

Selain itu Pangdam Jaya juga menyampaikan kepada Komandan Satuan bahwa, “Kami sudah ditugaskan oleh KASAD, khususnya masalah penangganan kerugian dan dampak penggrusakan, baik akibat pemukulan, pengrusakan kendaraan, toko dan lain-lain”, ujarnya.

“Kita harus mewaspadai dampak dari kerusuhan kemarin, dalam mengatisipasinya jangan ada publikasi atau stetmen-stetmen yang tidak ada dasarnya”, lebih lanjut Pangdam menuturkan bahwa, “Kejadian kerusuhan kemarin agar para Komandan Satuan lebih peka dan waspada terhadap anggotanya, harus di cek setiap minggu atau seminggu 2 kali” , tegas Pangdam Jaya.

Terkait kegiatan – kegiatan kedepan Kodam Jaya tetap akan menindak lanjuti masalah sinergritas yang sudah terjalin selama ini, Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya sudah merekat sekali, siapapun kita harus dihadapi bersama, sehingga kita lebih mudah melaksanakan fungsi tugas kedepannya.

Sementara itu Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana menegaskan penyerangan ke Mapolsek Ciracas Jakarta Timur, tidak akan membuat sinergitas TNI dan Polri kendor.

Pasca penyerangan yang terjadi pada Sabtu (29/8) lalu, Kapolda mengatakan TNI dan Polri akan terus melakukan kegiatan patroli bersama berskala besar.

Kita kedepankan di sini adalah preventif, pencegahan dengan cara patroli berskala besar, bersama-sama dengan teman-teman TNI dan juga Polri, khususnya Kodam Jaya dan Polda Metro Jaya.

Jadi kejadian kemarin tentunya saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak KASAD dan Pangdam Jaya yang memang kita kaget atas kejadian tersebut.

Kita lihat Polsek Ciracas ini sudah 2 kali kejadian, tahun 2018 dan tahun 2020, tentunya kita dapat mengintrospeksi diri. Di masa pandemi Covid -19 ini, kita kesulitan karena tidak boleh ada kerumuman, selama ini yang sudah kita lakukan sudah berjalannya pandemi skala besar, tegas Kapolda Metro Jaya.

Disitulah solidaritas, sinergritas selama ini sudah berjalan, demikian ditingkat Babinsa dan tingkat Kamtibmas, jadi Kapolda mengharapkan kejadian kerusuhan di Ciracas menjadi momentum kita, jadi saya mengharapkan selama ini, saya memihak antara TNI-POLRI sinergritas – sinergritas ini lebih baik.

Jadi wilayah kita sama mulai dari tingkat Propinsi sampai Kodim atau Polres, saya mengharapkan masalah bersama, kebersamaan kemudian solidaritas, sinergritas menjadi hal yang sangat penting bagi kita, ungkap Kapolda Metro.

Check Also

Meriahkan HUT TNI ke-75 Kodam Jaya Adakan Lomba Band

Kodam Jaya – Cililitan Jakarta Timur. Memeriahkan dan menyemarakkan peringatan HUT ke-75 TNI tahun 2020, …