Home / Berita Satuan / Tingkatkan Kemampuan Binter, Korem Wijayakarta Gelar Sosialisi Pedoman Teritorial

Tingkatkan Kemampuan Binter, Korem Wijayakarta Gelar Sosialisi Pedoman Teritorial

Kodam Jaya – Cikarang Bekasi. Kepala Seksi Teritorial (Kasiter) Korem 051/Wijayakarta Letkol Arm Joko Triyanto membuka Sosialisasi Buku Pedoman Rencana Pelaksanaan (Renlak) dan Laporan Pelaksanaan Kegiatan (Laplakgiat)  Teritorial 2016, Cara Menghimpun dan Menyusun Laporan Data Perlawanan Wilayah (Wanwil) TA 2018 di Aula Korem, Cikarang, Bekasi, Rabu (23/5/18).

Usai membuka, Kasiter kemudian menugaskan Perwira Seksi (Pasi) Komunikasi Sosial (Komsos) dan Pasi Perlawanan Wilayah (Wanwil) untuk memberikan paparan sesuai bidangnya masing-masing.

Pasi Komsos Mayor Arh Yahya menyampaikan agar setiap pembuatan rencana dan laporan kegiatan teritorial mengacu pada Buku Pedoman Renlak dan Laplakgiat Teritorial 2016 yang disepakati saat Rakonister beberapa waktu lalu di Mabesad yang dipimpin Aster Kasad.

Kemudian dilanjutkan oleh Pasi Wanwil Mayor Inf Fendy Ta’au yang menjelaskan tentang tugas penyiapan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya yang dilaksanakan oleh Satkowil jajaran Kodim-Kodim melalui pembinaan terhadap sumber daya nasional yang meliputi pembinaan geografi (rencana tata ruang wilayah, sumber daya alam dan buatan), pembinaan demografi (sumber daya manusia) maupun pembinaan kondisi sosial.

Ia juga menjelaskan tujuan kegitan ini adalah untuk mengetahui kondisi nyata Satkowil, sehingga kendala di lapangan dapat diatasi dan kegiatan dapat dilaksanakan secara maksimal. Sedangkan sasarannya adalah terwujudnya standarisasi kemampuan dan kemantapan kesiapan Satkowil dalam penyelenggaraan Binter di wilayah, termasuk Peta Jarak Jaring Teritorial, dimana 1 orang Babinsa mempunyai 10 Jaring Mitra Karib sebagai perpanjangan tangan untuk mendapatkan berbagai informasi di wilayahnya.

“Peta Jarak Jaring Teritorial bersama Mitra Karib harus mampu mendukung dan mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat. Ini sudah makanan setiap prajurit Satkowil, jadi setiap prajurit harus memiliki kemampuan memecahkan masalah, memiliki kemampuan mengayomi, memiliki kemampuan berkomunikasi, memiliki wawasan pengetahuan yang luas serta senantiasa menjadi panutan dan suri tauladan,”pungkas Mayor Inf Fendy Ta’au.

Sosialisasi ini diikuti 50 orang yang terdiri dari para Batuud dan Bati Komsos jajaran Korem dan turut dihadiri Pasi Bakti Kapten Inf Sukarmo dan Pasi Puanter Kapten Inf Gatot Heru.

Check Also

Optimalkan Putus Rantai Penularan Covid-19 Keluarga Besar TNI Jakarta Pusat Perkuat Tim Patroli Tiga Pilar

Kodam Jaya – Jakarta Pusat. FKPPI (forum komunikasi putra putri purnawirawan Indonesia), PPM (Pemuda Panca …