Home / Berita Satuan / Tingkatkan Kemampuan Binter Prajurit, Kodim Jakarta Pusat Gelar Binsiap Apwil Puanter

Tingkatkan Kemampuan Binter Prajurit, Kodim Jakarta Pusat Gelar Binsiap Apwil Puanter

Kodam Jaya-Jakarta Pusat. Kasdim 0501/Jakarta Pusat Letkol Czi Ridwan Ali Abdul S.Sos, M.Sc, M.A. memimpin kegiatan Pembinaan Kesiapan Aparatur Wilayah dan Kemampuan Teritorial (Binsiap Apwil Puanter) Triwulan II di Aula Makodim Jl. Selaparang Kav.1 Blok B11, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (9/4/18).

Dalam sambutan yang dibacakan Kasdim, Dandim 0501/Jakarta Pusat Kolonel Inf Edwin Adrian Sumantha, S.H. menekankan pentingnya kesiapan, interaksi humanis, metode pendekatan dan komunikasi yang baik saat melaksanakan tugas pokok, sehingga dapat menciptakan hubungan harmonis antara TNI dengan lapisan masyarakat.

“Para prajurit harus responsif terhadap fenomena yang berkembang, sehingga mampu menangkap potensi atau benih instabilitas ketertiban dan keamanan lingkungan. Sudah menjadi tugas kita berkomunikasi dengan baik dan menciptakan rasa aman bagi masyarakat,” jelasnya.

Menurut Dandim, untuk menunjang kesiapan tugas di masyarakat, diperlukan pembelajaran yang berkesinambungan seiring perkembangan kondisi dan penyesuaian metode Binter yang dilakukan kepada masyarakat.

Dalam kegiatan ini para Danramil dan Pasi secara bergantian memberikan materi seperti Tiga Metode Binter (Pembinaan Teritorial), Sikap Teritorial,  Lima Kemampuan Teritorial dan Tingkat Ekonomi Masyarakat yang semuanya bertujuan untuk meningkatkan kesiapan dan kemampuan di bidang teritorial seluruh Babinsa Kodim 0501/Jakarta Pusat. Meski materi yang diberikan bukan hal baru dan sifatnya hanya pemantapan, namun seluruh prajurit tampak menyimak dengan seksama seluruh materi yang disampaikan.

Check Also

Koramil 07/Pondok Aren Gelar Operasi Yustisi di Jurang Mangu

Kodam Jaya – Tigaraksa. Upaya dalam memutus penyebaran virus Covid-19, Koramil 07/Pondok Aren Kodim 0506/Tgr …