Home / Berita Satuan / Tingkatkan Kemampuan Perorangan Prajurit, Kodim Bekasi Gelar UTP Umum

Tingkatkan Kemampuan Perorangan Prajurit, Kodim Bekasi Gelar UTP Umum

Kodam Jaya – Bekasi Selatan. Untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan perorangan bagi prajuritnya, Kodim 0507/Bekasi menggelar Uji Terampil Perorangan Umum (UTPU) di area Makodim 0507/Bekasi Jl. Veteran No. 60 Kel. Margajaya Kec. Bekasi Selatan, Bekasi, Jawa Barat, Senin hingga Rabu (26-28/02/18). UTPU ini diikuti seluruh Babinsa dan Unit Intelijen Kodim 0507/Bekasi.

Koordinator Latihan Kapten Inf Derma Sitorus yang juga Danramil 04/Jatiasih mengatakan bahwa UTPU merupakan salah satu cara untuk mengetahui tingkat pengetahuan dan keterampilan prajurit berdasarkan tingkat kepangkatannya. Prajurit dengan pangkat Tamtama harus mencapai tingkat keterampilan sesuai Buku Pedoman Umum Pelaksanaan (BPUP) 1 sampai 4, sedangkan Bintara harus mencapai tingkat ketrampilan BPUP 5 sampai 7.

Sedangkan Pengawas Latihan (Waslat) Kapten Inf Sugiyanto yang juga Wadanramil 02/Pondok Gede menyampaikan bahwa yang diujikan dalam UTPU ini adalah materi BPUP 1-7/Teritorial dan BPUP 5-7/Intel.

Sugiyanto juga menjelaskan bahwa sasaran UTPU adalah tercapainya tingkat keterampilan dan kecakapan secara perorangan sesuai kualifikasi yang ditetapkan dalam Spesialisasi Jabatan Militer (SJM) guna mendukung pelaksanaan tugas sesuai bidangnya masing-masing dan nantinya dapat lulus UTP Jabatan sesuai kepangkatannya. Sedangkan SJM adalah identifikasi dari kelompok kedudukan jabatan militer yang mempunyai hubungan fungsional sedemikian dekatnya, sehingga terdapat derajat tukar menukar yang tinggi diantara mereka yang berkualifikasi SJM tersebut.

Check Also

Satgas Padat Karya Penanganan Covid-19 Kelurahan Pademangan Barat Mengadakan Giat Himbauan 3 M Dan Gelar Patroli Malam

Kodam Jaya – Jakarta utara. Ditengah wabah pandemi Covid-19, Satgas Padat Karya Penanganan Covid-19 sebagai …