Home / Berita Satuan / Tingkatkan Keterampilan Linmas, Tiga Pilar Jatiasih Gelar Pelatihan

Tingkatkan Keterampilan Linmas, Tiga Pilar Jatiasih Gelar Pelatihan

Kodam Jaya – Kota Bekasi. Linmas (Perlindungan Masyarakat) memiliki peran penting di masyarakat baik saat terjadi bencana alam maupun keikutsertaannya menjaga Kamtibmas, maka pengetahuan dan keterampilan anggota Linmas harus ditingkatkan agar mampu melaksanakan perannya itu. Tiga Pilar Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi kemudian menggelar pembekalan dan pelatihan kepada 150 orang anggota Linmas yang diselenggarakan di Aula Kecamatan Jatiasih, Rabu (18/7/18).

Pembekalan dan pelatihan bagi anggota Linmas ini dibuka langsung oleh Camat Jatiasih Nesan Sujana ST, MT yang juga menjadi narasumber bersama Danramil dan Kapolsek Jatiasih. Danramil 04/Jatiasih Kodim 0507/Bekasi Kapten Arh Jaminah Arie Yanto saat memberikan materi memaparkan bahwa Linmas adalah masyarakat yang disiapkan dengan dibekali pengetahuan dan keterampilan untuk penanganan bencana alam guna mengurangi dan memperkecil dampak akibat bencana, membantu menjaga keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat serta membantu dalam kegiatan sosial masyarakat setempat.

Danramil tak lupa mengajak agar anggota Linmas lebih peka terhadap kondisi lingkungan dengan mewaspadai tamu asing atau orang asing yang datang di lingkunganya. “Ini wujud peran aktif Linmas dalam usaha deteksi dini dan cegah dini terhadap kemungkinan tindakan yang menganggu keamanan dan ketertiban desa atau kelurahan,” terang Danramil.

Danramil melanjutkan, Linmas sebagai mitra Babinsa dan Bhabinkamtibmas, perannya juga dibutuhkan saat Pemilu mendatang. “Linmas merupakan unsur terdepan dalam pengamanan tempat pemungutan suara (TPS), sehingga harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup,” tegas Danramil.

Sementara untuk peran dalam membantu pertahanan negara sebagai komponen cadangan, ratusan anggota Linmas ini kemudian diberikan materi pelatihan PBB (Peraturan Baris Berbaris) di Lapangan Plaza Kecamatan Jatiasih yang dipandu langsung Danramil.

Dengan pembekalan dan pelatihan ini, Camat Jatiasih berharap para anggota Linmas dapat mengaplikasikan bekal pengetahuan dan ketrampilan yang sudah diajarkan, saat melaksanakan tugas.

Check Also

Kodim 0507/Bekasi Laksanakan Latihan Permildas Mingggu Militer

Kodam Jaya – Kota Bekasi. Minggu Militer merupakan program kegiatan rutin yang dilasanakan tiap bulan …