Home / Berita Satuan / Tingkatkan Kompetensi Babinsa, Kodim Jakarta Timur Gelar Kegiatan Pendayagunaan Koramil Model

Tingkatkan Kompetensi Babinsa, Kodim Jakarta Timur Gelar Kegiatan Pendayagunaan Koramil Model

Kodam Jaya – Jakarta Timur. Dandim 0505/Jakarta Timur, Korem 051/Wijayakarta Letkol Inf Anan Nurakhman, membuka kegiatan Pendayagunaan Koramil Model TA. 2018 yang berlangsung di Koramil Model 03/Pasar Rebo, Kelurahan Gedong, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur, Senin (26/3).

Kegiatan ini mengusung tema, ‘Melalui Kegiatan Pendayagunaan Koramil Model, Kita Wujudkan Kesiapan Aparat Komando Kewilayahan Dalam Rangka Mewujudkan Ketahanan Wilayah Aspek Darat’.

Dalam sambutannya, Dandim 0505/Jakarta Timur menyampaikan bahwa pendayagunaan Koramil Model merupakan perintah komando atas sebagai sarana peningkatan kemampuan bagi aparat kewilayahan dengan memberikan visualisasi pelaksanaan tugas Binter (pembinaan teritorial) secara aplikatif. “Kegiatan ini merupakan pembekalan dan pelatihan berupa penyegaran aplikatif untuk meningkatkan kompetensi Babinsa dalam mengimbangi dinamika kehidupan bermasyarakat,” ujar Letkol Inf Anan Nurakhman.

Lebih lanjut Anan Nurakhman menjelaskan bahwa Babinsa sebagai anggota TNI yang tidak kenal pamrih demi NKRI, diharapkan bisa menjadi filter dan pencegahan berbagai hal negatif, mulai dari meminimalisir penyalahgunaan Narkoba di wilayah binaan, memantau pergerakan radikal kanan/kiri dan aliran kepercayaan.

“Selain itu, Babinsa harus bisa menjadi penangkal, penindak dan peredam apabila terjadi sesuatu yang buruk di wilayah binaannya. Babinsa tidak boleh terpengaruh terhadap keadaan. Babinsa harus peka, tajam dan antisipasi serta cepat dalam mengambil langkah-langkah yang tepat dalam menghadapi berbagai permasalahan di lingkungan masyarakat,” tegas lulusan Akmil 1998 ini.

Anan Nurakhman menambahkan, melalui kegiatan ini diharapkan para Babinsa menjadi prajurit yang profesional dalam hal kemampuan teritorial, sehingga mampu melaksanakan tugas Binter sesuai dengan tantangan kondisi sosial di wilayah masing-masing. “Babinsa harus bersinergi dengan Bhabinkamtibmas, supaya jika ada situasi yang menonjol, bisa diatasi dengan cepat. Babinsa yang bersinggungan langsung dengan wilayah binaan, harus mengetahui lebih cepat dan setiap informasi harus berjenjang,” pesannya.

Hadir dalam kegiatan ini, Kasiter Korem 051/Wijayakarta Mayor Arh Yahya, Pasiter Kapten Inf Agi Suprapto, Pasilog Kapt Arh Sugianto, para Danramil jajaran Kodim 0505/Jakarta Timur, perwakilan dari Polsek Ciracas dan Polsek Pasar Rebo serta masing-masing 10 orang Babinsa yang mewakili Kodim 0504/Jakarta Selatan, Kodim 0505/Jakarta Timur, Kodim 0507/Bekasi Kota, Kodim 0508/Depok dan Kodim 0509/Kab. Bekasi.

Check Also

Kolaborasi Dengan Satpol PP Kodim 0502/JU Gelar Woro-woro Dan Bagikan Masker Kepada Warga

Kodam Jaya – Jakarta utara. PSBB ketat yang diberlakukan Pemprov DKI Jakarta sudah memasuki hari …