Home / Berita Satuan / Tingkatkan Peran Mitra Jaya, Koramil Jatiuwung Latihkan Materi Semi Militer

Tingkatkan Peran Mitra Jaya, Koramil Jatiuwung Latihkan Materi Semi Militer

Kodam Jaya – Kab. Tangerang. Sebanyak 15 anggota Koramil 06/Jatiuwung Kodim 0506/Tangerang Korem 052/Wijayakrama melatih 70 anggota Mitra Jaya di Diklat Bumi Perkemahan Kitri Bakti Kelurahan Sukabakti, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang, Minggu (1/4/18).

Danramil 06/Jatiuwung Mayor Arh Jewanto menyampaikan bahwa jajarannya memberikan latihan selama dua hari. “Latihan bela negara ini berlangsung 2 hari sejak 31 Maret hingga 1 April 2018 dengan melibatkan 70 anggota Mitra Jaya ke-4 dan 15 anggota Koramil 06/Jatiuwung sebagai pelatih,” jelasnya.

Mitra Jaya yang dulunya bernama Mitra Babinsa, menurut Danramil pembentukannya bertujuan untuk meningkatkan kinerja mitra yang dibentuk oleh TNI AD dalam membantu aparat TNI AD yang berada di wilayah Kodam Jaya. Terkait itu Danramil menjelaskan, dalam pelatihan, para anggota Mitra Jaya mendapat materi semi militer.

“Materi yang diberikan berupa ilmu medan atau pengenalan kompas dan peta, merayap tali satu, bela negara, lempar kampak dan Wasbang (Wawasan Kebangsaan),” kata Jewanto.

Dalam latihan juga diajarkan pengetahuan penggunaan alat komunikasi HT,  persandian, jurit (caraka) malam dan diakhiri dengan renungan suci.

Danramil juga berharap dari kegiatan ini para anggota Mitra Jaya dapat memiliki pengetahuan, keterampilan, disiplin dan cinta tanah air, sehingga dapat membantu tugas para Babinsa di wilayah Koramil 06/Jatiuwung.

Check Also

Tekan Penyebaran Covid-19 Babinsa Bojong Menteng Bersama 3 Pilar Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Kodam Jaya – Kota Bekasi. Penyemprotan Desinfektan Perum Bumi Bekasi Baru lingkungan RW 009 dilakukan …