Home / Berita Satuan / Tingkatkan Profesionalisme Babinsa, Danramil Limo Bekali Pengetahuan Teritorial Anggota Baru

Tingkatkan Profesionalisme Babinsa, Danramil Limo Bekali Pengetahuan Teritorial Anggota Baru

Kodam Jaya – Depok. Danramil 07/Limo Kapten Arh Ema Suherman memberikan pembekalan tentang Binter dan Serbuan Teritorial kepada 15 anggota yang baru masuk satuan. Tujuan dilaksanakannya pembekalan adalah untuk membekali pengetahuan prajurit baru yang nantinya bertugas sebagai Babinsa. Pembekalan dilaksanakan di aula Makoramil 06/Cimanggis, Jl. Raya Bogor, Cimanggis, Depok. Kamis 24/05.

Selain itu, pembekalan teritorial juga bertujuan agar setiap personel memiliki kepekaan dan kesadaran akan perannya sebagai insan teritorial guna mewujudkan keberhasilan tugas pokok satuan.

Salah satu materi yang disampaikan Danramil Limo Kapten Arh Ema Suherman adalah tentang Lima Kemampuan Teritorial yaitu temu cepat lapor cepat, kemampuan manajemen teritorial, kemampuan penguasaan wilayah, kemampuan pembinaan perlawanan rakyat dan yang terakhir kemampuan komunikasi sosial.

Menurut Ema, Lima Kemampuan Teritorial  wajib dipahami dan dikuasai oleh seorang Babinsa. Seorang  Babinsa juga harus bertanggung jawab membina warga dalam satu kelurahan atau desa dan menjadi motor atau penggerak pemberdayaan wilayah. “Kalian harus bisa melekat di hati masyarakat, membuat rasa aman, nyaman dengan menuangkan ide-ide kreatif sebagai bentuk komunikasi sosial (komsos) dan pembinaan teritorial (binter) kepada masyarakat,” jelas Danramil.

Kapten Ema berharap kepada peserta pembekalan supaya dapat mengikuti menyimak dan mencermati pembekalan yang akan diberikan. “Perhatikan dengan seksama dan pergunakan waktu yang ada dengan efektif dan efisien demi mendapatkan pemahaman yang komprehensif guna menambah wawasan dan pengetahuan sehingga dapat meningkatkan kemampuan apkowil di dalam melaksanakan tugas-tugas di lapangan,” jelas Danramil.

Danramil diakhir pembekalannya menekankan agar anggota baru menumbuhkan rasa keingintahuan sehingga selalu profesional dalam melaksanakan tugas. “Saya minta para peserta agar pro aktif menanyakan hal-hal yang sekiranya belum dipahami agar para peserta tidak mengalami hambatan dalam melaksanakan tugas ke depan.  Pembekalan ini sangat penting bagi aparat teritorial yang ada di wilayah, sehubungan dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi,” lanjut Danramil.

Check Also

Sertu Yulianto Lakukan Giat Monitoring di Pos Siskamling Perumahan Taman Kota

Kodam Jaya – Jakarta Barat. Babinsa Koramil 07/KB Sertu Yulianto mengunjungi beberapa Pos Siskamling yang …