Home / Berita Satuan / Tingkatkan Profesionalisme Babinsa, Kodim Jakarta Timur Gelar Latihan Teknis Teritorial

Tingkatkan Profesionalisme Babinsa, Kodim Jakarta Timur Gelar Latihan Teknis Teritorial

Kodam Jaya – Jakarta Timur. Untuk memelihara kemampuan dan meningkatkan profesionalisme Babinsa dalam pengetahuan teritorial, Kodim Jakarta Timur menggelar Latihan Teknis Teritorial (Latnister) di Aula Makodim, Jakarta Timur, Kamis (21/3/19).

Latihan ini dibuka oleh Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kodim Jakarta Timur Kapten Inf Agi Suprapto. Dalam sambutannya, Agi Suprapto berharap 5 (lima) Kemampuan Teritorial yang dimiliki Babinsa makin meningkat seiring tugasnya yang makin berat. “Tugas berat itu diantaranya Babinsa harus selalu ada di hati masyarakat, selalu membantu kesulitan rakyat dan mendukung pembangunan serta percepatan pembangunan yang dilakukan pemerintah di tiap kelurahan,” harap Pasiter.

Pasiter juga berharap, setelah mengikuti Latnister ini, para Babinsa dapat memiliki ilmu dan wawasan yang lebih baik, sehingga mempunyai kemampuan dan rasa percaya diri dalam melaksanakan tugas, demi kepentingan Bangsa dan Negara sesuai dengan tugas pokoknya sebagai pembina desa.

Dalam latihan yang berlangsung hingga 22 Maret 2019 ini, peserta diberikan materi Lima Kemampuan Teritorial yaitu Kemampuan Temu Cepat Lapor Cepat, Manajemen Teritorial, Penguasaan Wilayah, Pembinaan Perlawanan Rakyat, Komunikasi Sosial dan Sikap Teritorial, yang diaplikasikan dengan praktek di lapangan.

Salah satu pemateri, Danramil Cipayung Kapten Inf Sahari yang memberikan materi Kemampuan Teritorial mengatakan, Babinsa harus mempunyai kemampuan berkomunikasi yang baik dengan segala lapisan masyarakat. “Kemampuan Teritorial harus dikuasai setiap Babinsa, karena dalam pelaksanaan tugasnya Babinsa secara langsung bersentuhan dengan masyarakat, sehingga bisa menjalin komunikasi yang baik serta mampu memberikan solusi bila terjadi permasalahan di wilayah sesuai kewenangannya,” jelas Sahari.

Check Also

Warga Tidak Matuhi Protokol Kesehatan, Dikenakan Sanksi Sosial

Kodam Jaya – Tangerang. Upaya Menegakan Disiplin Mematuhi Protokol Kesehatan, Koramil 02/Batuceper Kodim 0506/Tgr bersama …