Home / Berita Satuan / Tinjau Geladi Upacara, Dandim Jakarta Pusat Tanamkan Nilai-Nilai Pancasila Anak Usia Dini

Tinjau Geladi Upacara, Dandim Jakarta Pusat Tanamkan Nilai-Nilai Pancasila Anak Usia Dini

Kodam Jaya – Jakarta. Komandan Kodim 0501 Jakarta Pusat Kolonel Inf Edwin Adrian Sumantha, S.H meninjau pelaksanaan kegiatan geladi bersih upacara hari lahir Pancasila bertempat di lapangan kantor Kementerian Luar Negeri Pejambon No. 6, Jakarta Pusat. Rabu (30/05).

Geladi dilakukan guna menyiapkan pelaksanaan rangkaian upacara peringatan Hari Pancasila pada tanggal 1 Juni yang rencananya akan dihadiri oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo. Dalam upacara peringatan Hari Pancasila yang diikuti oleh perwakilan TNI-Polri, Resimen Mahasiswa dan para pelajar dari tingkat Sekolah Dasar hingga SMA ini, Presiden akan bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Disela-sela kegiatan geladi, Dandim sengaja menyapa dan berinteraksi dengan peserta upacara yaitu sekelompok siswa Sekolah Dasar di daerah persiapan. “Bagaimana anak-anak, senang gak terlibat jadi pasukan upacara bareng dengan bapak-bapak TNI dan Polri, bangga kan ?”, tanya Dandim.

“Siap senang Komandan,” jawab para siswa serentak dengan bangga dan raut bahagia terpancar di wajah polos mereka. Hal serupa juga terlihat dari peserta upacara yang lain. Mereka merasa bahwa kegiatan upacara kali ini merupakan satu pengalaman yang berharga bisa terpilih untuk terlibat pada upacara hari lahirnya Pancasila di Kemenlu.

Dandim menambahkan bahwa kegiatan yang dilakukan tersebut adalah salah satu implementasi dari nilai-nilai luhur Pancasila dan memang sangat baik bila dimulai sejak usia dini. “Bapak juga bangga karena kalian adalah tunas-tunas yang energik dan penuh semangat, semoga kelak menjadi generasi yang memiliki jati diri, yang Pancasilais sebagai penerus perjuangan cita-cita para pendiri bangsa. Makanya, terus pelihara dan pupuk kecintaan kalian terhadap Pancasila, karena sebagai dasar dan pedoman kehidupan kita bangsa Indonesia”, tutur Letkol Edwin.

Usai menyemangati, perhatian Dandim beralih dan tertuju kepada sekelompok pelajar lainnya yang juga tengah melaksanakan latihan. Tiga puluh menit mendekati waktu isoma, geladi baru dihentikan sejenak, dan akan berlanjut hingga dinilai cukup baik saat pelaksanaannya nanti.

Check Also

Himbau Protokol Kesehatan, Serma Purwanto Komsos di Pasar Saraswati

Kodam Jaya – Tangerang. Membantu pemerintah dalam pencegahan penyebaran Covid-19, anggota Koramil 04/Ciledug Kodim 0506/Tgr, …