Home / Berita Satuan / TMMD Ke-102 Tigaraksa Sadarkan Masyarakat Cilaban Untuk Ikut Bela Negara

TMMD Ke-102 Tigaraksa Sadarkan Masyarakat Cilaban Untuk Ikut Bela Negara

Kodam Jaya – Tigaraksa. Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan Negara. Negara Indonesia adalah milik seluruh rakyat Indonesia. Demikian yang disampaikan Kapten Arh Aris Supriadi pada penyuluhan Bela Negara kepada masyarakat yang di gelar di SMK Gema Bangsa Kampung Cilaban Desa Bojong Loa Kecamatan Cisoka Kabupaten Tangerang. Selasa (17/07/2018)

“Upaya bela negara bukan saja menjadi tugas dan tanggung jawab TNI saja tetapi juga menjadi tugas seluruh rakyat Indonesia termasuk warga Kampung Cilaban Desa Bojong guna menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kesadaran Bela Negara pada hakikatnya merupakan kesediaan berbakti pada negara dan berkorban demi membela Negara,” jelas Aris.

Kapten Arh Aris juga menyampaikan bahwa penyuluhan Bela Negara yang dilaksanakan dalam program TMMD dinilai penting bagi masyarakat. “Dengan adanya penyuluhan, masyarakat dapat mengetahui bahwa sebagai warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pertahanan dan keamanan Negara. Membela Negara tidak harus dalam wujud perang tetapi bisa di wujudkan dengan cara lain seperti halnya diplomasi untuk mengantisipasi dan menjawab isu-isu negatif tentang NKRI,” lanjut Aris menjelaskan.

“Salah satu wujud peran serta dalam upaya pembelaan negara adalah melalui Sistem Pertahanan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata) yang artinya sistem ini melibatkan seluruh warga negara, wilayah dan sumber daya nasional lainnya. Selain itu sistem ini dipersiapkan secara dini oleh pemerintah dan diselenggarakan secara total, terpadu, terarah dan berlanjut untuk menegakan kedaulatan negara, keutuhan wilayah dan keselamatan segenap bangsa dari segala ancaman yang tidak hanya bersifat fisik tetapi juga mental, sosial dan budaya,” jelas Aris

Sementara itu Kepala Desa Bojong Loa bapak Lukman menyampaikan rasa bangganya terhadap warganya yang antusias mengikuti penyuluhan bela Negara dalam rangka melaksanakan kegiatan non fisik TMMD ke-102 tersebut. “Kami sangat bangga melihat warga yang begitu antusias mengikuti penyuluhan bela Negara hingga mencapai 247 orang. Semoga kami dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dengan saling menghargai, mencintai, saling gotong royong, aktif dalam kegiatan siskamling, menjaga dan memelihara lingkungan hidup serta mengharumkan nama Bangsa, “tutur Kepala Desa.

Check Also

Kodim 0507/Bekasi Laksanakan Latihan Permildas Mingggu Militer

Kodam Jaya – Kota Bekasi. Minggu Militer merupakan program kegiatan rutin yang dilasanakan tiap bulan …