Home / Berita Satuan / TMMD Non Fisik Kodim Tigaraksa Kenalkan Anak Disleksia

TMMD Non Fisik Kodim Tigaraksa Kenalkan Anak Disleksia

Kodam Jaya-Tigaraksa. TMMD non fisik tahun anggaran 2018 Kodim 0510/Tigaraksa menggelar penyuluhan tentang mengenal anak disleksia di Aula Kecamatan Balaraja Koramil 06/Tigarsksa, Jumat (14/7).

Dalam penyuluhan tersebut, masyarakat diajak untuk lebih mengenal anak disleksia yaitu gangguan dalam perkembangan baca-tulis yang umumnya terjadi pada anak menginjak usia 7 hingga 8 tahun.

Menurut Triana Sari,  Mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara, salah satu penyuluh mengatakan bahwa disleksia ditandai dengan kesulitan belajar membaca dengan lancar dan kesulitan dalam memahami meskipun kemampuannya normal atau di atas rata-rata.

“Disleksia ini termasuk dalam golongan kesulitan dalam penerapan disiplin Ilmu Fonologi, kemampuan bahasa/pemahaman verbal. Pernah melihat anak-anak yang susah membaca dan susah memahami huruf-huruf atau bahkan sering terbalik-balik dalam berbicara dan kosakata yang digunakannya terkadang baku,  itulah yang disebut anak yang disleksia,” ujarnya menjelaskan.

Ia melanjutkan, meski disebut kelainan, namun anak-anak disleksia biasanya Inteletigency Qoertient (IQ) nya di atas rata-rata. Triyana Sari pun meminta masyarakat untuk bisa lebih mengenal anak dengan disleksia ini, sehingga bisa membantu mereka.

“Untuk membantunya kita harus mengetahui dan memahami mereka, karena biasanya anak disleksia sulit konsentrasi saat belajar, kesulitan berbahasa di usia dini, kesulitan membaca, mengeja dan menulis saat sekolah usia sekolah dasar, juga kesulitan yang nyata dalam berhitung, terutama soal cerita matematika. Anak yang mengalami hal tersebut bukanlah bodoh tapi cerdas, mereka hanya belum diintervensi dengan tepat,” ajaknya sambil menjelaskan.

Ia pun meminta masyarakat untuk  berterima kasih kepada TNI yang menyelenggarakan TMMD non fisik ini. “Dengan TMMD, masyarakat diberi bekal pengetahuan dan dapat mengenal gangguan baca tulis yang terjadi pada anak kita, saudara kita bahkan adik kita. Mari kita berterima kasih kepada TNI atas pelaksanaan penyuluhan ini,” tegasnya.

Kegiatan penyuluhan ini dibuka oleh Danramil 06/Tigaraksa Kapten Arh Sihotang yang diikuti sekitar 55 orang terdiri dari 35 masyarakat dan 20 pelajar tingkat SMU.

Check Also

Satgas Padat Karya Penanganan Covid-19 Kelurahan Pademangan Barat Mengadakan Giat Himbauan 3 M Dan Gelar Patroli Malam

Kodam Jaya – Jakarta utara. Ditengah wabah pandemi Covid-19, Satgas Padat Karya Penanganan Covid-19 sebagai …