Home / Berita Satuan / TMMD Tidak Hanya Membangun Secara Fisik, Kemanunggalan Rakyat Lebih Utama

TMMD Tidak Hanya Membangun Secara Fisik, Kemanunggalan Rakyat Lebih Utama

Kodam Jaya – Tigaraksa. Keberhasilan TMMD ke-102 bukan saja sasaran pembangunan fisik, namun yang tidak kalah pentingnya adalah sasaran non fisik, seperti yang terus dilakukan oleh Satgas TMMD Kodim 0510/Tigaraksa yang tengah mengeraskan Jalan Kampung Cilaban Desa Bojong Loa sejak beberapa waktu lalu.

Di sela pekerjaan tersebut, anggota Satgas TMMD selalu berupaya untuk makin mendekatkan diri dengan warga, sehingga terwujud kemanunggalan dengan rakyat. Kemanunggalan merupakan tujuan dari pelaksanaan TMMD yang salah satu wujudnya adalah hubungan yang erat antara TNI dengan rakyat, dimana rakyat tidak merasa takut kepada TNI.

Peristiwa berikut bisa merubah pola pandang masyarakat menjadi positif kepada TNI. Bermula ketika salah seorang anggota Satgas TMMD bernama Serda Adi yang memiliki kemampuan ilmu kesehatan. Pada Sabtu (14/7) dirinya menyambangi rumah kediaman Nursamsiah yang tengah menggendong anaknya yang masih Balita. “Saat saya datang, warga ini saya lihat masih terlihat segan bahkan takut,” kata Serda Adi.

Namun, anggota tentara ini dengan sabarnya, terus mengajak Nursamsiah berkomunikasi. Tidak berapa lama, Nursamsiah pun terlihat mulai berani bicara dengan lepas. Wanita ini memulai bersimpati kepada Serda Adi dan menghilangkan perasaan takutnya saat kedatangan Serda Adi tadi.

“Inilah salah satu yang kami lakukan sebagai tentara yang mendapat tugas sebagai Satgas TMMD. Kami harus bisa semakin dekat dengan rakyat, sehingga bisa merubah pola pandang masyarakat kepada TNI,” katanya.

Sementara, Nursamsiah saat ditanya media mengatakan,  setelah berkomunikasi dan bersentuhan langsung dengan anggota TNI dari Satgas TMMD, dirinya telah membuktikan sendiri ternyata TNI itu baik dan ramah-ramah.

“Pembawaan para tentara atau TNI di Satgas TMMD begitu ramah dan bersahabat dengan masyarakat, itulah yang merubah pola pandang kami, saya sudah tidak takut lagi, warga kampung sini juga pasti merasakan hal yang sama bila berkomunikasi langsung dengan anggota TNI,” ungkap Nursamsiah sambil menggendong Balitanya.

Nursamsiah menambahkan, dengan kedekatan ini, kami warga Cilaban khususnya para suami akan terus ikut membantu pekerjaan pengerasan jalan sampai target yang telah di tentukan. Kami sangat senang dengan adanya TNI, warga sangat bersimpati dengan keberadaan TNI,” pungkasnya.

Check Also

Kodim 0507/Bekasi Laksanakan Latihan Permildas Mingggu Militer

Kodam Jaya – Kota Bekasi. Minggu Militer merupakan program kegiatan rutin yang dilasanakan tiap bulan …