Home / Berita Utama / Tunjukan Komitmen Amankan Pilpres dan Pileg, Kodam Jaya Gelar Apel Kesiapan Pasukan

Tunjukan Komitmen Amankan Pilpres dan Pileg, Kodam Jaya Gelar Apel Kesiapan Pasukan

Kodam Jaya – Jakarta Pusat. Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Eko Margiyono diwakili Asisten Operasi (Asops) Kasdam Jaya Kolonel Inf Moch. Zamroni memimpin Apel Gelar Kesiapan Pasukan Kodam Jaya dalam rangka pengamanan pemilihan presiden/wakil presiden (Pilpres) dan pemilihan anggota legislatif (Pileg) Tahun 2019 di Lapangan Cawan Selatan Silang Monas, Jakarta Pusat, Jumat (29/3).

Apel Gelar Pasukan ini diikuti oleh 8.500 prajurit dari Satuan Tempur (Satpur), Satuan Bantuan Tempur (Satbanpur) dan Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil) jajaran Kodam Jaya. “Apel ini digelar untuk menegaskan komitmen tugas dan kesiapsiagaan prajurit dan satuan jajaran Kodam Jaya dalam mengamankan wilayah ibukota selama penyelenggaraan Pilpres dan Pileg pada 17 April nanti,” tegas Pangdam Jaya dalam sambutannya yang dibacakan Asops Kasdam Jaya.

Lebih lanjut Pangdam menekankan perlunya meningkatkan kesiapsiagaan jelang pesta demokrasi yang telah memasuki tahapan penting yaitu masa kampanye. “Menjelang Pilpres dan Pileg secara langsung, membutuhkan konsentrasi yang tinggi bagi setiap prajurit terkait tugas pengamanan di lapangan, saya tekankan kepada para prajurit dan unsur pimpinan satuan, agar senantiasa meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan yang tinggi, sehingga setiap saat dapat mengantisipasi segala kemungkinan dan perkembangan situasi yang terjadi di wilayah,” pesannya.

Kepada prajuritnya, Pangdam juga mengingatkan kembali pesan Panglima TNI agar prajurit menghindari sikap keragu-raguan dan selalu bertindak secara profesional dalam mengantisipasi gangguan stabilitas keamanan proses demokrasi. “Pedomani aturan pelibatan perbantuan kepada Polri maupun Pemerintah Daerah dalam mengatasi setiap gangguan keamanan selama pelaksanaan pesta demokrasi. Ikuti prosedur tetap yang telah digariskan oleh pimpinan dalam melaksanakan tugas pengamanan dengan tetap memegang teguh Netralitas TNI,” tegasnya.

Orang nomor satu di Kodam Jaya ini juga memerintahkan prajuritnya untuk menjaga soliditas dan tidak mudah terpengaruh oleh upaya provokasi kelompok tertentu yang berupaya menyeret TNI ke ranah politik praktis. “Saya ingatkan agar prajurit menjalin hubungan kerja sama dan koordinasi yang baik dengan aparat-aparat terkait dan selalu memelihara jumlah kekuatan personel, sehingga dapat menjamin keamanan dan kelancaran penyelenggaraan Pilpres dan Pileg,” tegasnya lagi.

Pangdam juga mengharapkan, Apel Gelar Pasukan ini dapat semakin memperkuat kemampuan antisipatif prajurit dan satuan jajaran Kodam Jaya terhadap berbagai potensi konflik baik vertikal maupun horizontal yang mungkin timbul sebagai dampak gesekan kepentingan di tengah masyarakat.

Apel gelar kesiapan tersebut dihadiri oleh para Asisten, Danrem 051/Wijayakarta, Danrem 052/Wijayakrama, Danrindam Jaya, Danbrigif Mekanis 1 PIK/JS, Danmenarhanud 1/F, Danpomdam Jaya, para Kabalak, Dandim dan Danyon/Danden jajaran Kodam Jaya.

Check Also

Kodam Jaya Terima Sosialisasi Aplikasi Anev Data Bidang Operasi Tersebar TA 2020

Kodam Jaya – Cililitan Jakarta Timur. Sosialisasi aplikasi anev data bidang operasi tersebar TA 2020, …