Home / Berita Satuan / Unjuk Rasa Pedagang Kaki Lima Warnai Materi Pamungkas Latihan Aplikasi Pam VVIP

Unjuk Rasa Pedagang Kaki Lima Warnai Materi Pamungkas Latihan Aplikasi Pam VVIP

Kodam Jaya – Jakarta. Sejumlah kelompok massa pedagang kaki lima berunjuk rasa di sekitar ring road Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (19/04).

Unjuk rasa kelompok ini bersamaan dengan kehadiran Presiden RI di GBK dalam rangka meninjau persiapan venue Asian Games 2018. Para pengunjuk rasa menuntut agar mereka kembali diperbolehkan berdagang di area Stadion. Selain berorasi, ‘kaum cilik’ tersebut membentangkan spanduk dengan sejumlah tuntutan, meminta dengan tegas agar Presiden campur tangan mencabut larangan Pemda DKI dan mereka tetap diperbolehkan berdagang. Situasi semakin memanas, manakala pasukan pengaman VVIP tampak bergegas mensterilkan area sesuai instruksi dari Komando Atas.

Akan tetapi, aksi para pedagang tersebut hanyalah sebuah skenario latihan, guna memantapkan cara mengatasi unjuk rasa atau kerusuhan sekaligus uji kesiapan Pasukan Huru Hara (PHH) Kodam Jaya.

Tidak ingin dianggap ‘main-main’, tampak serius dan penuh semangat anggota pasukan PHH diperlengkapi dengan alat peralatan yang sesuai standard pengamanan. Bersama pasukan ‘intai’ dan ‘speed force’ dari Satuan Kewilayahan Kodam Jaya, akhirnya massa berhasil dipukul mundur dan membubarkan diri, berangsur-angsur menyingkir dari area ring dua dan tiga yang semula akan dilalui oleh obyek latihan pengamanan VVIP.

Skenario dan simulasi tadi merupakan materi pamungkas dan puncak latihan aplikasi Pam VVIP Kodam Jaya yang sudah berlangsung sejak 4 (empat) hari lalu. Dengan berakhirnya latihan tersebut, diharapkan masing-masing peserta memahami dan mampu mengaplikasikannya dalam tugas Pam VVIP yang sesungguhnya.

Kolonel Inf Handoko selaku Wadanlat usai mengevaluasi kegiatan menyampaikan terimakasih kepada seluruh peserta, para pendukung dan semua pihak yang telah berupaya maksimal demi kelancaran dan pencapaian tujuan latihan.

“Sekali lagi saya ucapkan terimakasih, silahkan kembali ke Satuan masing-masing dan selamat bertugas”, tandas Kabaglat Rindam Jaya.

Check Also

Kodim 0507/Bekasi Laksanakan Latihan Permildas Mingggu Militer

Kodam Jaya – Kota Bekasi. Minggu Militer merupakan program kegiatan rutin yang dilasanakan tiap bulan …