Home / Berita Utama / Usai Tugas BKO di Wilayah Timur Indonesia : 166 Prajurit Kodam Jaya Secara Resmi Diterima Kembali Oleh Pangdam Jaya

Usai Tugas BKO di Wilayah Timur Indonesia : 166 Prajurit Kodam Jaya Secara Resmi Diterima Kembali Oleh Pangdam Jaya

Kodam Jaya – Cililitan. Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M., menerima langsung 166 prajurit jajaran Kodam Jaya yang sudah selesai melaksanakan tugas di Wilayah Timur Indonesia, sebagai Apter penebalan BKO Kodam XVII/Cenderawasi dan Kodam XVIII/Kasuari, bertempat di Aula Sudirman Makodam Jaya Jl. Mayjen Sutoyo No 5 Cililitan Jakarta Timur, Kamis (14/1/2021).

166 Prajurit yang berasal dari kesatuan jajaran Kodam Jaya tersebut telah selesai melaksanakan tugas sebagai Aparat Teritorial penebalan di Wilayah Timur Indonesia, yakni BKO di Kodam XVII/Cenderawasi dan Kodam XVIII/Kasuari, kurun waktu selama kurang lebih satu tahun.

Sebelum menyampaikan sambutan resminya, Pangdam Jaya memberikan kesempatan kepada para prajurit untuk menyampaikan pesan dan kesan selama penugasan sebagai Apter penebalan BKO Kodam XVII/Cenderawasi dan Kodam XVIII/Kasuari, hal ini disampaikan oleh salah satunya yaitu Lettu Inf Hadi, selanjutnya Lettu Inf Hadi menceritakan, bahwa selama 31 tahun dinas, baru pertama kali ini mengikuti penugasan keluar daerah.

Lettu Hadi menuturkan, “Setelah mendapat penugasan di kabupaten Mamberamo sempat di tolak oleh masyarakat setempat, namun dengan melakukan komunikasi sosial dan senyum teritorial akhirnya kami diterima oleh para tokoh adat dan tokoh masyarakat setempat”, tuturnya.

Lanjut Hadi menuturkan, setelah kehadirannya diterima oleh masyarakat, “Mereka berkeluh kesah kepada kami mohon bantuan Bapak TNI bagaimana caranya kami menjadi masyarakat yang maju, modern begitu akhirnya kami membekali mereka dengan bercocok tanam, mengelolah lahan, disamping itu masyarakat setempat sangat membutuhkan tenaga kesehatan, pertukangan dan peralatan pertanian”, pungkas Lett Hadi.

Sore ini Kamis tanggal 14 Januari 2021, Pangdam Jaya menyatakan bahwa Prajurit jajaran Kodam Jaya yang telah selesai melaksanakan Apter penebalan BKO Kodam XVII/Cenderawasi dan Kodam XVIII/Kasuari, “Secara resmi diterima kembali di jajaran Kodam Jaya”.

Dalam sambutannya Pangdam Jaya menyampaikan, “Kenapa tadi saya awali minta kesan dan pesan, dari sana harapannya apa yang kalian dapatkan disana, keberadaan TNI di penugasan betul-betul dapat dirasakan serta berpengaruh bagi masyarakat dan dapat mengamalkan nilai-nilai kejuangan serta kecintaan kepada tanah air”, ujarnya.

“Dengan kembalinya para prajurit dari penugasan ini, pahami situasi yang berkembang serta dapat menyesuaikan segera mungkin. Situasi berbeda dengan satu tahun kalian berada disana dengan situasi sekarang ini, baik itu suhu, situasi wilayah, maupun dinamika situasi kejadian baik itu lingkungan maupun perkembangan politik”, ungkapnya.

Lanjut, “Seperti kejadian Habib Rizieq Shihab dan FPI kalian sudah monitor bagaimana Kodam Jaya yang akhirnya bisa merubah suasana sekarang menjadi tenteram, damai, rukun dan pada akhirnya kelompok-kelompok tersebut dibubarkan dan menjadi viral”, Pangdam Jaya menegaskan dimana kalian bertugas dapat bermanfaat bagi masyarakat dan dapat membuat perubahan yang lebih baik lagi”, tutup mantan Gubernur Akmil Ini.

Tampak hadir pada acara penerimaan prajurit penebalan aparat teritorial kali ini, diantaranya Irdam Jaya, Danrem 051/Wkr, Danrem 052/Wkt, Kapendam Jaya dan Para Wakil Asisten Kodam Jaya.

Check Also

Pangdam Jaya Laksanakan Pamwaskita Melepas Keberangkatan Presiden RI Kunker Ke Jawa Tengah

Kodam Jaya – Halim Perdanakusuma Jakarta Timur. Pangdam Jaya Mayjen TNI Mulyo Aji, M.A., melepas …