Home / Berita Satuan / Wakabintaldam Jaya Berikan Penyuluhan Rohani Islam Kepada Anggota Paldam Jaya

Wakabintaldam Jaya Berikan Penyuluhan Rohani Islam Kepada Anggota Paldam Jaya

Kodam Jaya – Jakarta Timur. Wakil Kepala Pembinaan Mental Kodam (Wakabintaldam) Jaya Letkol Inf Drs. Abdul Qohar, M.Si, memberikan ceramah Pembinaan Mental Rohani Islam (Bintal Rohis) kepada 54 Prajurit dan PNS Peralatan Kodam (Paldam) Jaya, di Aula Paldam, Makodam Jaya, Jakarta Timur, Rabu (16/1).

Dalam ceramah Bintal Rohis yang berjudul ‘Muhasabah Diri Untuk Meraih Masa Depan,’ Wakabintaldam Jaya menguraikan perlunya muhasabah (evaluasi) diri sebagai prajurit (tentara) , baik sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional maupun tentara profesional, sehingga tiap prajurit memiliki dan mampu melaksanakan kode etik prajurit dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Menurut Wakabintaldam Jaya, muhasabah diri terhadap kebaikan dan keburukan dalam semua aspeknya sebagai prajurut, akan dapat menghindarkan prajurit dari bentuk pelanggaran apapun. Adanya pelanggaran yang dilakukan prajurit, lanjut Wakabintaldam Jaya disebabkan tidak seimbangnya pemenuhan kebutuhan rohani dengan jasmani. “Secara fitrah, manusia memiliki sifat jujur, ikhlas, loyal dan rela berkorban, namun karena masih ada sebagian prajurit yang hanya menurutkan kebutuhan jasmani seperti nafsu yang berlebihan terhadap duniawi atau materi, maka terjadilah pelanggaran,” jelas Wakabintaldam Jaya.

Lebih lanjut, Wakabintaldam Jaya menjelaskan hakikat dari penciptaan manusia dan tugas yang diemban manusia di bumi ini. “Manusia itu tugasnya beribadah kepada Allah SWT dan menjadi khalifah di bumi. Perbuatan baik dan buruk, semuanya akan diminta pertanggungjawaban di kehidupan berikutnya,” tandas Wakabintaldam Jaya.

Menutup ceramahnya, Wakabintaldam Jaya mengajak prajurit dan PNS Paldam Jaya untuk menyiapkan bekal sebelum datangnya kematian. “Kita hidup di dunia ini tidak lebih 60 tahun, bagi sebagian orang mungkin bisa lebih dari itu, maka bawalah bekal iman dan amal soleh sebanyak-banyaknya,” tutup Wakabintaldam Jaya.

Check Also

Pangdam Jaya Menghadiri Undangan Ngopi Bareng TNI-Polri di Mako Brimob Kelapa Dua

Kodam Jaya – Kelapa Dua Depok. Pangdam Jaya/Jayakarta Mayjen TNI Dudung Abdurachman, S.E, M.M., menghadiri …